Ads Top

Resep Dan Cara membuat Tela Tela Makanan Dari Singkong



Resep Dan Cara membuat Tela Tela  Makanan Dari Singkong; Hemmm.. Kalo denger makanan cemilan yang satu ini disebut, tentu saja saya akan terbayang saat saya membeli cemilan ini pas lagi jalan-jalan ke mall, bahkan cemilan yang satu ini juga sering kali saya temui di pinggir jalan. Mereka menggorengnya diatas grobak dorong yang di design menarik, biasanya penjualnya masih muda-muda kira-kira seumuran anak SMA atau mungkin anak kuliahan.

Penasaran dengan cara mengolah dan membuat tela-tela ini, seringkali ketika saya  sedang menunggu penjual sedang  mempersiapkan dan menggoreng ubinya saya bertanya ini itu termasuk Resep Dan Cara membuat Tela Tela  Makanan Dari Singkong ini. Hihiihihi... ya tentu saja...si mbak yang jual jawabnya susah, lah wong ini rahasia dapur jualan kok di beberkan ..

Ok lah Penasaran tetep penasaran akhirnya saya Googling aja, karena saya yakin si Mbah Google tidak akan merahasiakan dan pasti akan membeberkan dengan detail dan jelas apa yang ku inginkan.

Well...akhirnya Resep Dan Cara membuat Tela Tela  Makanan Dari Singkong  ku temukan, tanpa nunggu lama-lama Cap Cus !! saya pun hunting  untuk mencari semua bahannya...

Dan.. akhirnya si Tela-Tela pun ter ekskusi di atas penggorengan...

Kamu-kamu pingin nyoba juga ? yuk sini saya bagikan Resep Dan Cara membuat Tela Tela  Makanan Dari Singkong.

Bahan-bahan
  • 1 kg singkong / ubi kayu   
  • 1 bungkus bumbu tela-tela
  • Minyak untuk menggoreng
Note: Bumbu serbuk tela-tela bisa di beli di pasar/ supermarket
bilang aja beli bumbu tela-tela. biasa yg jual sudah tau, dan serbuk tela-tela ada beberapa rasa. ini saya pakai serbuk tela rasa balado

Langkah
  • Singkong di kupas dari kulitnya. Cuci bersih. Lalu rebus sebentar. Jangan sampai lembek banget yaa
  • Lalu tiriskan singkong dari air rebusan..
  • Kemudian  potong-potong panjang.
  • Setelah dipotong-poton, kemudian di goreng hingga renyah.
  • Sesudah digoreng letakan di wadah, dan saat singkong masih panas taburi bumbu serbuk tela-telanya. kalo saya  menggunakan yang rasa balado.

Enyak.. enyak.. enyakk....


Kupas Singkong dan Potong-Potong

Rebus Singkong - jangan terlalu lembek/kematangan, 
kemudian tiriskan, dan potong belah kira-kira ukuran 1cm x 8cm 
setelah dipotong silahkan di goreng dengan api kecil/sedang

Masukkan ubi yg telah di goreng kedalam baskom, dan taburi dengan 
bumbu tabur tela-tela ( saya pake rasa balado ),kemudian aduk dengan 
cara menguncang-guncang.

Tela Tela dari singkong siap untuk di nikmati



Tips : Agar Ubi tidak cepat gosong dan tetap berwana putih , gorenglah dengan api sedang saja atau kecilkan api jika  minyak goreng sudah terlalu panas.

Note :  Ubi kayu / singkong boleh diganti dengan kentang


Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke blog RMJ, jika anda suka dengan artikel yang kami persembahkan silahkan share ke link Sosmed Anda, dan jika Anda memiliki Info yang menarik silahkan berbagi dengan kami dan pembaca yang lain dengan mengisi komentar di bawah ini, terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.