Ads Top

Resep Flatfish Goreng Bumbu Pedas Ala Korea



Resep Flatfish Goreng Bumbu Pedas Ala Korea; kalo bahasa korea nya Gajami yangnyeom-twigim
Lagi demen masakan ala Korea, jadi bolak balik Googling, eh nemu makanan yang pernahku makan dulu yang dibuatin sama temen koki sebuah  Korean Resto.

Meskipun ada google translate untuk mengartikan dari bahasa Korea ke Indonesia, tetep aja harus  memahami berulang-ulang karena translate nya nggak sempurna. kan bisa brabe jika salah arti apalagi ini resep masakan hihihihi....

Okelah.. akhirnya Resep Flatfish Goreng Bumbu Pedas Ala Korea ini berhasil saya tulis ulang dengan sempurna, dan besoknya langsung ku lakukan test and error...

Dan ternyata rasanya nggak jauh beda, bahkan bisa dibilang samalah 11/12. Setelah beberapa kali di coba akhirnya masuklah ke blog ini si Resep Flatfish Goreng Bumbu Pedas Ala Korea.


Yuk buruan  Praktek !!

Bahan-bahan  Resep Flatfish Goreng Bumbu Pedas Ala Korea

  • 1 ekor ikan Flatfish  (ikan sebelah) berat sekitar 2 ½ ons, bersihkan sisik dan isi perutnya, cuci bersih
  • ½ cangkir tepung kentang (atau pati jagung)
  • 1 sendok makan garam  
  • minyak sayur 1/3 cup

Untuk  Bumbu Sauce:
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 2 batang bawang Pre, cincang
  • kecap manis 2 sendok makan
  • ¼ cangkir air
  • ¼ cangkir sirup beras (atau gula, atau madu)
  • ½ sendok teh cabai serpih korea (gochu-garu) atau jika Indonesianya Bubuk Cabai Merah 
  • minyak wijen 1 sendok teh
  • 1 sendok makan biji wijen

Langkah - Langkah :
Prepare ( mempersiapkan) Ikan Flatfish (Ikan Sebelah)
  1. Potong ikan menjadi beberapa bagian melintang. Cuci dan tiriskan dan tempatkan  dalam mangkuk. Taburi masing-masing bagian secara merata dengan garam dan dinginkan selama setidaknya selama 30 menit, atau semalam.
  2. Lumuri masing-masing bagian dengan bubuk tepung kentang.



Memasak ikan :

Pertama 
Panaskan panci besar dan masukan minyak goreng.

Ke Dua
Masukan ikan ke dalam panci dan turunkan panas sampai sedang. Biarkan masak selama 5 sampai 7 menit sampai bagian bawah terlihat garing dan berwarna cokelat keemasan. Kemudian balik sisi sebelahnya dan masak seperti sisi sebelumnya.








Ke Tiga 
Kecilkan api agar tidak terlalu panas. Tutup dan biarkan masak selama sekitar 10 menit. kamu akan melihat sisi potongan ikan terlihat buram, yang berarti ikan sudah masak secara menyeluruh.


Ke Empat
Balikan ikan sekali lagi. Naikan panas api  hingga api sedang untuk membuat ikan sempurna renyah dan coklat keemasan. Ambil ikan dari panci dan matikan api.

















Buat Bumbu Sauce dan lumurkan ke ikan

  1. Panaskan wajan besar dengan minyak 2 sendok makan sayur. Tumis bawang putih sebentar sampai berwarna coklat keemasan dan sedikit garing. Turunkan api ke sedang.
  2. Tambahkan kecap, ¼ cangkir air, sirup beras, dan bubuk cabai. Terus aduk sampai saus meletup-letup.
  3. Tambahkan daun bawang, aduk selama 30 detik sebelum mematikan api.
  4. Tambahkan minyak wijen dan aduk.
  5. Ambil sepotong ikan yang sudah masak dan celupkan kedalam saus hingga saus melapisi semua bagian . Pindahkan ke piring saji. Ulangi dengan sisa potongan lain hingga selesai.






Cara menghidangkan :
Taburi dengan biji wijen dan nikmati bersama nasi . Jika terisa silahkan di simpan di lemari es, bisa bertahan hingga seminggu, bisa di nikmati dalam keadaan dingin, atau bisa dipanaskan terlebih dahulu dengan mikrowive atau di panaskan diatas kompor dengan beberapa tetesan air.

Selamat mencoba ya...


Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke blog RMJ, jika anda suka dengan artikel yang kami persembahkan silahkan share ke link Sosmed Anda, dan jika Anda memiliki Info yang menarik silahkan berbagi dengan kami dan pembaca yang lain dengan mengisi komentar di bawah ini, terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.