Ads Top

Resep dan Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Super Lezat


Resep dan Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Super Lezat ; Klepon ! Klepon ! Klepon !.. mbaaak, maaass, masih anget ...

Setidaknya Suara ini yang sering saya dengar jika saya sedang jalan-jalan ke pasar kue atau pasar dadakan yang sering muncul dikala bulan Ramadha, para pedagang kue dengan senyuman yang menggoda ( baca: berharap orang mau beli )  menawarkan dagangannya kepada semua orang yang lewat di depannya.

Dan tentu saja saya sebagai orang yang gemar akan kue basah tidak akan melewatkannya !, Ada berbagai macam warna dan jenis klepon yang mereka pajang di steling, namun ada satu jenis klepon yang menjadi pavoritku yaitu kue " klepon dari ubi ungu". Saking doyannya akan kue ini membuatku penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah, dan.. setelah ngerusuhin mbah google beberapa saat akhirnya ketemu juga " Resep dan Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Super Lezat "..  

Dari Resep dan Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Super Lezat , ku lihat bahannya mudah di dapat dan cara membuatnya juga nggak begitu sulit.

Setelah mengumpulkan semua bahan akhirnya bisa ku ekskusi  si  Resep dan Cara Membuat Kue Klepon Ubi Ungu Super Lezat  ini di dapur kesayanganku, penasaran bagai mana cara membuatnya ?

Yuuk ikuti !

Bahan-bahan
  • 330 gr ubi ungu rebus
  • 250 gr tepung ketan
  • 250 gr gula aren/gula merah (secukupnya) potong dadu/serut
  • 1,5 sdt garam
  • 150-200 ml air hangat
  • 1 butir kelapa parut
  • 3-4 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • Air utk merebus secukupnya
Langkah - Langkahnya
Waktu membuat sekitar 60 menit
  • Haluskan ubi ungu yang sudah direbus, biar mudah untuk menghaluskannya sebaiknya di potong- potong kecil terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan (kalo cara saya, saya tumbuk pake alu penumbuk rempah yang ada di dapur),  kemudian masukkan tepung ketan dan satu sdt peres garam, aduk-aduk sampai tercampur, tambahkan sebagian air hangat aduk rata, jika adonan masih padat tambahkan lagi air sambil di uleni sekitar 3-5 menit (saya pakai 180 ml air hangat) sampai adonan bisa dipulung, adonan tdk padat dan tidak lembek tapi cukup lembut utk dibentuk/dipulung.
  • Panaskan air dalam panci secukupnya sekitar 3/4 tinggi panci, masukkan daun pandan, biarkan mendidih. Siapkan kelapa parut, beri 1/2 sdt garam dan gula pasir, aduk rata.
  • Bagi adonan menjadi bulatan kecil (saya dapat sekitar 45 bulatan), pulung buat lubang di tengahnya isi dg sisiran gula aren/gula merah. Rekatkan kembali, rapikan sampai gula arennya tersembunyi di dalam adonan tepung ketan ubi ungu.
  • Rebus adonan yg sdh diisi gula dalam air mendidih, biarkan mengapung beberapa saat, angkat dg saringan rapat, tiriskan airnya masukkan ke parutan kelapa ketika masih panas, balur dg kelapa parut merata.
  • Pindahkan dan tata di wadah berbeda.
  • Sajikan dan nikmati kue klepon ubi ungu super lezat ini  sambil nonton acara TV kesukaanmu ...
Ubi ungu yang sudah di haluskan

Adonan yang sudah di bentuk bulat dan diisi gula merah


Note:
Jika adonan dibuat lebih dari 100 gr, sebaiknya bulatan yg sudah diisi gula merah langsung dimasukkan ke air mendidih setelah dibuat sekitar 10-12 biji, jika dibiarkan terlalu lama tanpa direbus, gula merahnya akan cair sendiri di dalam inti adonan dan pecah ketika direbus. Kelapa parut yg dikasi garam dan gula pasir akan tetap awet meski tdk dikukus, ini belajar dari pengalaman.

Selamat Mencoba ya.... dan jangan lupa share hasil buatanmu di kotak komentar  di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke blog RMJ, jika anda suka dengan artikel yang kami persembahkan silahkan share ke link Sosmed Anda, dan jika Anda memiliki Info yang menarik silahkan berbagi dengan kami dan pembaca yang lain dengan mengisi komentar di bawah ini, terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.